Halo sobat sisi, jangan lupa share dan tinggalkan komentar ya…

Mari kita hadiahkan surat Al Fatihah kepada pengarang kitab Al-Hikam, Syekh Ibnu Athaillah Assakandari dan penerjemah kitab beliau KH. Ahmad Wafi Maimoen Zubair Lc, M.S.I.    Al Fatihah…..

Baja jugaYuk, Ngaji Al-Hikam

Yuk, Ngaji Al-Hikam (2)

dan Yuk, Ngaji Al-Hikam (3)

Hikmah 20

“Him ah (Keinginan yang kuat) seorang salik (orang yang ingin menjadi bagus) itu tidak menghendaki untuk berhenti ketika dibuka baginya melakukan ibadah-ibadah kecuali suara hakikat berseru kepadanya: “sesuatu yang engkau Cari itu ada di depanmu” Dan tidak terlihat lahirnya makhluk-makhluk Allah SWT (jadi kaya atau punya keramat) kecuali hakikat makhluk itu berseru “sesungguhnya kami hanyalah sebuah fitnah maka kamu jangan kafir”

Hikmah 21

“Permintaanmu kepada Allah SWT adalah suatu tuduhan jelek terhadap-Nya. Pencarianmu akan Allah SWT itu menunjukkan hilangnya kamu dari-Nya. Permintaanmu pada Allah SWT untuk selain Allah SWT itu karena sedikit malumu terhadap-Nya dan permintaanmu pada selain-Nya itu karena adanya jauhnya Dari-Nya”

Hikmah 22

“Tidak Ada suatu nafas yang engkau keluarkan kecuali disitu ada takdir yang dijalankan oleh Allah SWT padanya”

Hikmah 23

“Jangan menunggu kosongnya gangguan-gangguan dunia Karena yang demikian itu akan menghalangimu dari adanya berdzikir kepada-Nya dalam maqam yang Allah SWT tempatkan untukmu”

Hikmah 24

“Jangan engkau merasa heran atas terjadinya kesulitan selama di dunia ini karena dunia ini tidak memperlihatkan kecuali sifatnya yang hakiki dan karakternya yang asli”

Hikmah 25

“Tidak akan terhenti keinginanmu yang engkau cari dengan minta pertolongan Tuhanmu dan tidak akan mudah keinginan yang engkau cari dengan mengandalkan dirimu”

Hikmah 26

“Diantara tanda-tanda keberhasilan di akhir perjuangan adalah kembali kepada Allah SWT dipermulaan”

Hikmah 27

“Barang siapa yang bersinar permulaannya maka akan bersinar akhirnya”

Hikmah 28

“Sesuatu yang tersimpan dalam alam gaibnya hati maka akan kelihatan pada alam nyata”

Bersambung… Yuk Ngaji Al Hikam (5)

Baca juga: Ngeri, Inilah Dampak Maksiat

Di nukil dari kitab terjemah Al-Hikam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *