Halo Sobat sisi, jangan lupa tinggalkan komentar ya….

Indonesia adalah gudangnya pesantren. Bisa dipastikan setiap kabupaten kota atau kecamatan berdiri sebuah Pondok Pesantren. Eksistensi pesantren telah lama sejak Indonesia belum merdeka, bahkan kemerdekaan yang didapat tak luput berkat perjuangan para Kiai dan santri pesantren.

Pengertian pesantren menurut Wikipedia adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untukk tempat menginap santri.

Banyak sekali kabupaten atau kota yang diberi sebuah sebagai kota santri, karena memang disana banyak sekali Pondok Pesantren yang berdiri. Sebagai contoh, kabupaten Demak, Kediri, Jombang, Rembang, Ponorogo dan sebagainya.

Lain halnya di Kabupaten Wonogiri, sebutan kota santri belum pernah disematkan kepada kota gaplek ini. Bukan berarti di kabupaten Wonogiri tidak ada pondok pesantren, melainkan rata-rata pesantren yang ada di kabupaten berdiri setelah kemerdekaan. Nah, bagi yang ingin memasukkan anaknya di pesantren, wajib tahu 4 Pesantren yang ada di Wonogiri ini untuk pertimbangan.

1. Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Kismantoro

Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati adalah salah satu pondok terbesar di kabupaten Wonogiri. Beralamatkan di dusun Cingklok, Desa Gesing, Kismantoro, Kab Wonogiri, Jawa Tengah. Terletak kurang lebih 5 km dari pusat kecamatan Kismantoro.

Saat ini terdapat 500 lebih santri mukim dan non-mukim (laju) di bawah asuhan Drs. K.H Sutrisno Yusuf, M.S.I. Konsep pondok pesantren ini semi modern, yaitu perpaduan antara metode klasik dan modern. Sehingga yang dikaji juga kitab-kitab turats (kitab kuning) dan juga pendidikan formal modern.

Dan bisa dikatakan fasilitas di pondok ini juga lengkap mulai dari sarana dan prasarana. Mulai dari unit pendidikan dari RA, MI, MTs, MA dan rencananya juga akan bergabung dengan yayasan Ma’had Aly dimana lulusan dari pesantren nantinya akan setara dengan sarjana (S-1). Untuk mengikuti perkembangan pondok Pesantren Sunan Gunung Jati bisa melalui Facebook Pon.Pes Sunan Gunung Jati Kismantoro

Sebenarnya Pesantren ini merupakan kelanjutan dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Gesing dan MTs Sunan Gunung Jati yang telah berdiri beberapa tahun sebelumnya. MI Gesing berdiri pada tahun 1959. Pendirinya adalah Kiai Muhammad Djakun. Sejarah lengkap berdirinya Pondok bisa di akses di situs Sejarah Pon.Pes. Sunan Gunung Jati Kismantoro

Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara offline yaitu datang langsung ke asrama Pondok Pesantren, Dan bagi Anda yang terkendala jarak juga bisa daftar online melalui Web resmi MTs-MA Sunan Gunung Jati Kismantoro

2. Pondok Pesantren Gani Tirtosari Tirtomoyo

Pondok pesantren ini berdiri tahun 1942 oleh Kiai Ilyas, dan diteruskan oleh putranya Kiai Hasan, namun pada saat itu pondok belum diberi nama. Setelah Kiai Hasan wafat pondok diasuh oleh putranya Kiai Muhammad Idris dan Pondok ini diberi nama Gani Tirtoasri atas wasiat dari abahnya agar di beri nama awalan “G” atau “ghain” dan untuk saat ini pondok diteruskan oleh KH. Mukhsin setelah Kiai Idris wafat. Untuk sejarah lengkapnya bisa di baca Sejarah Pon Pes Gani Tirtoasri Tirtomoyo

Pondok Pesantren Asalafiyah salafiyah syafi’iyah Gani Tirtoasri Terletak di dusun Bugel RT 02 RW 05, cangkring, Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari tempat wisata kayangan.

Untuk pendidikan formal ada MTs dan MA dan non-formal seperti tahfidzul Qur’an dan Madrasah Diniyah. Untuk Masdrasah Aliyah (MA) bisa diakses melalui MA Gani Tirtoasri Tirtomoyo

3. Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Selogiri

Salah satu pondok yang berada di pusat kota, yaitu terletak di Kecamatan selogiri, Kabupaten Wonogiri. Pesantren  Mamba’ul  Hikmah  didirikan  oleh  Ustadz  Abdul  Aziez. Berawal  dari  diwakafkannya sebidang  tanah  seluas  113  meter oleh  Bapak  H.Sukirno pada  tahun  1994.  Ustadz  Abdul  Aziez  yang  ketika  itu  berusia  36  tahun memutuskan   meninggalkan   aktivitas   dakwahnya   di   Cirebon   dan   kemudian menetap di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Alamat lengkapnya Jl. Raya Solo – Wonogiri KM. 25, Kalikatir, Nambangan, Selogiri, Wonogiri. Untuk pendupendi formal ada TK, SD dan SMP dan untuk non-formal ada madrasah Diniyah dan TPQ. Namun pada tahun 2019 KH. Aziz berpulang dan tongkat estafet pondok diteruskan oleh puteranya, Gus Ridho.

4. Pondok Pesantren Modern Al-Iman

Pondok Pesantren Al Iman berdiri di atas dan untuk semua golongan, didirikan oleh (Alm) KH. Mahfudz  Hakiem pada tahun 1412 H/ 1991 M atas dasar panggilan Dakwah Islamiyah. Pondok pesantren Al-Iman yang berada di Wonogiri adalah cabang dari pondok Al-Iman Ponorogo.

Pondok Al-lman beralamatkan di  Randusari, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan dadap di akses melalui Pondok Pesantren Al-Iman

Demikian 4 pondok besar di kabupaten Wonogiri sebagai pertimbangan sebelum memilih pesantren buat putra putri Anda. Semoga bermanfaat. Salam sahabat sisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *