Orang tua yang baik adalah yang peka dengan perkembangan buah hati. Anak selalu berkembang setiap hari tanpa orang tua sadari. Perilaku anak tetap harus dipantau demi perkembangan si buah hati. Membiarkannya berarti orang tua telah kehilangan aset berharga. Apalagi karena sibuk hingga tak sempat untuk peduli dengan aktivitas anaknya sendiri.

Dengan mempelajari banyak mengenai psikologi perkembangan juga diharapkan Anda mampu lebih paham mengenai diri sendiri dan juga adanya individu yang pada umumnya jauh lebih baik. sehingga bisa mengembangkan dan melakukan pembinaan dalam kehidupan yang lebih positif. Dimana adanya tuntutan orang tua dan juga bantuan dalam perkembangan fisik maupun psikis anak nantinya yang jauh lebih optimal. Adanya tujuan dan juga cara serta strategi belajar yang dilakukan untuk melihat seberapa besar tingkat intelektual anak dan kita juga bisa lebih paham mengenai hal kebenaran dan cara pembentukan perilaku yang menghindarkan diri kita salah paham pada anak.

Kadang sebagai orang tua, Anda juga bingung bagaimana caranya mengawasi perkembangannya dan tidak tahu caranya mengatasi. Karena salah dalam memberi nasihat dan saran atas tingkah laku dan perkembangan anak akan menjadi bumerang bagi orang tua.

Nah, ada 4 hal yang wajib orang tua ketahui untuk melihat perkembangan anak.
1.Observe : Perhatikan perilaku anak, katakan apa yang Anda lihat. Katakan saja dengan bahasa yang akrab tidak perlu dengan sindiran, cacian atau malah dimaki.
2.Think : Katakan apa yang Anda pikirkan dari perilaku anak yang perhatian. Jangan dibatin sehingga memuncak dan berakibat meluapnya amarah kepada anak.
3.Feel : Katakan yang Anda rasakan atas perilaku itu.
4.Desire : Sarankan untuk melakukan apa yang Anda harapkan. Cukup disarankan tidak perlu dipaksakan secara berlebihan.

Baca Juga2 Cara Jitu Menghargai Anak

Demikian 4 hal agar Anda bisa melihat perkembangan anak dikesehariannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *